Being One-Day Kindergarten Student

Saturday, June 02, 2012 ainuq 9 Comments

Memulai postingan dengan harapan mulia untuk menulis cerita yang up to date;). Berharap sih seterusnya, mengingat tiap hari adaaa aja yang baru soal perkembangan Hanuun, yang sungguh sayang untuk dilewatkan.

So glad...kemarin finally bisa mengajak Hanuun main ke Taman Kanak-Kanak, setelah sebelumnya selalu gagal terus rencananya. Kemarin alhamdulillah meski malamnya hujan dan pagi itu masih sedikit berkabut juga mendung, tak mengurangi semangat Ummi dan Hanuun untuk jalan-jalan ke TK. Sungguh kami bersemangat ya, bukan hanya Hanuun saja. Ummi bahkan malamnya sempat ga nyenyak tidur ga sabar pengen buru-buru siang;) Penasaran gimana reaksinya Hanuun pas diajak main kesana. Beberapa hari terakhir kalo ditanya "Di TK ada apa,de?". Dengan antusias dia akan bilang "Ada ocotan...ada ayun-ayun...ada anak-anak" sambil ketawa-ketawa. Kalau pas lewat TK juga dia pengen turun dan nunjuk-nunjuk ke TKnya, tapi kalo sore kan udah tutup. Nah, that's why visiting Kindergarten then becomes a thrilling wait for both ummi and Hanuun.

pagi-pagi sambil menunggu neng geulis bangun ummi menyiapkan menu sarapan paginya, yaitu pindang Ikan Sarden dan Soun+sayuran. Udah itu tas kecil untuk bawa air minum dan snacknya. Udah beres, ga lama Mimoi bangun sendiri dan nyari ummi keluar kamar. Say good morning...and hug-huuuugggg...and kiss-kiiiissss her...:) #bau asem khas ade bangun tidur tuh, ah how I loooovvveee;)
Well, biar nanti jalan-jalannya tenang, sengaja mau nyuapin sarapannya dulu. Jadi start jam 6.30 pagi yang masih agak gelap, ummi ajak Hanuun jalan-jalan. She was nice and cooperative, ga pake lama semangkok makanan udah abis tinggal duri ikannya;) (oya, dari beberapa jenis ikan laut yang suka ummi beli, ikan Sarden ini jadi favioritnya Hanuun selain tentu saja cumi). Langsung mandi, get dressed dan jam 7.30 kita udah siap.

Karena takut kepagian, jadi kita maen-maen dulu di depan rumah sambil nunggu abang Reza nyiapin motor. Eh, ada Wa Eneng, langsung menyapa dan ngajakin hanuun ngobrol.
"Hanuun udah cantik mau kemana?"
"Teta"=TK. 
Terus ga ditanya Hanuun langsung cerita "Ada ocotan...ada ayun-ayun...ada anak-anak....blablablaaa"

"Eh, itu bawa apa?"
"Dandan"
Sambil mengoleskan pelembab muka ummi ke tangannya.

Haiiiiyaaahh...anak 1 tahun 8 bulan udah tau dandan;)
Kemudian dengan diantar teh Lilis kita berangkat. Ga jadi sama abang Reza karena dipanggil mamahnya. MasyaAllah baru sampe depan TKnya Hanuun udah langsung ber-WAW...WAW....dengan bahagianya:) Yang makin membuat ummi yakin...this is worth for her.
Afterward, she hailed the joyfulness...

Melihat keceriaan ade, membuat ummi sangat menyesal kenapa ga dari kemaren-kemaren atau bahkan dulu-dulu ngajakin ade kesini...maafkan ummi ya,de...

Alhamdulillah kami disambut sangat baik oleh kepala sekolah dan guru-guru disana, yang kebetulan ummi kenal. Hanuun mau salim kemudian diperbolehkan main dimana aja yang Hanuun mau termasuk di ruang kelas. Kebetulan hari itu juga ada latihan menari untuk perpisahan.
 
Setelah keliling-keliling sebentar di sekitar halaman sekolah, Hanuun kemudian main di ruang kelas 2B ini, sengaja ummi pilih yag muridnya udah kumpul lumayan banyak biar Hanuun berinteraksi sama mereka. Ketika masuk ruangan Hanuun lagi-lagi ber-WAW...WAW....ria, entah apa yang membuatnya excited, apakah ruangannya yang warna warni atau karena banyak anak-anak yan lagi main.

Tepat dugaan, Hanuun awalnya terlihat canggung dengan anak-anak disana, tapi karena ada beberapa anak perempuan yang menyapanya dengan ramah, diapun lalu mau diajak berjabat tangan satu per satu. Dan mulai keliatan pengen gabung main. Hampir 20 menit main diruangan ini, lebih bayak have fun dengan berbagai mainan dan tak terganggu dengan aktifitas anak-anak disekitarnya. Sesekali Hanuun memperhatikan bagaimana anak-anak itu bermain, terus mengikutinya. Ada 2 anak perempuan yang dari awal kita datang udah keliatan ramah banget. Ummi tanyain namanya, Teni dan Shinta. Pas Ummi salah sebut Veni. Gadis kecil itu meralat "Bukan Veni, tante...Teni". Ohhh...sayangnya Hanuun lebih asyik main sendiri dengan mainannya. Tapi Teni sempat juga ngajakin Hanuun main dan nari. Thank you, Teni...you're so nice:)

Then, as the teacher came and would start teaching, we went outside. Without my guidance, Hanuun hurried to a place where a mini stage was located and many students were gathered dancing. Up there, she looked at them dancing, listened to the music andddddd.....moved her body slightly right and left...enjoyed dancing...as usual....#hasil teaching-nya Abiiii banget;) promise me to teach her better movement,Abi...ok??!
Hanuun kemudian menarik tangan ummi ngajakin mainan perosotan di halaman sekolah yang lumayan luas. Sebelum ummi minta, dia ambil sepatu di rak sepatunya dan meminta ummi memakaikannya...aaah, anakku...(begitu cepat kamu belajar rule dari contoh. Ummi ga ngajarin ini, tapi tadi Hanuun melihat anak-anak kalau mau main ke lapangan ambil sepatu dulu di rak. She copied the act) Dan terasa diri tersadar dan diingatkan saat terjadi percakapan ini:
H      : "Main ocotan, mi"=main perosotan,mi.
U      : "Perosotannya masih basah,de... kan habis hujan"
H      : "Udah teling to ocotannya"=sudah kering kok perosotannya.
*** 
H      : "Ayok, mi...naik".
      sambil meraih tangan ummi dan menariknya mengajak mainan   perosotan.
U      : "Ade aja ya. Ummi mah malu"
H      : "Ngga apa-apa to...ayok"=nggak apa-apa kok, ayo.
***
H      : "Waaaw...tindi"=Wow, tinggi.
     sambil menunjuk tempat mainan anak-anak gelantungan itu loh,
     apa sih namanya:P 
U      : "Iya, tinggi banget ya, de. Tapi ade belum boleh naik ya, nanti jatuh. Itu buat kakak aja"
H      : "Boleh to...tapi"=boleh kok, tapi.
See??? Bagaimana caranya dia stance her opinions to carry what she wants out. It does happen to my 20 months tod. Yang memang beberapa hari terakhir Hanuun menunjukkan sikap ini juga di rumah. One of like this:
U         : "Ade ga usah kesitu ya nanti ada kecoa"
H     : "Ngga apa-apa to...ngga tatut"=ngga apa-apa kok, ngga takut.
It seems I cannot joke about this. She's grown up, developing her thoughts and emotions. At the same time, I don't feel if I and my hubby are ready enough to cope with her development:(
Abi...this is such a simple warning that Allah shows. How I really wish being in your side...keep talking about Hanuun...discussing...reminding each other...strengthening one another...struggling to be the best parent as we can...
To you, Hanuun...I promise for making your days wonderful and exciting. I'm just feeling sorry for the neglected and merely missed days in the past. I hope I won't do it anymore. And I need you, Allah...to favor us strong hearts, patience and persistence....amin yaaa robbana...

That day, pulang dari TK kita mampir ke Alfa belanja beberapa keperluan dan Hanuun mau beli etim=es krim. Cuma kurang lebih 2 jam jadi anak TK, tapi ummi tau Hanuun sungguh bahagia dan menikmatinya. Ummi lebih senang dan bersyukur bisa ngajakin ade main....:)

9 comments:

  1. Uwoooo tante jg suka main ayun2 loh de :-)

    Btw.....Ummi dan abi, wlo jauh semoga komunikasi satu sama lain bs lancar ya. Tak terkendala sinyal dan pulsa, qiqiqi. Pasti sebel klo udah ada byk yg mo diobrolin ama Abi, eh sinyalnya jelek jd ga bs tlp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh tante Tyka juga suka main ayunan ya...kapan2 main ayunan bareng Hanuun ya;)
      InsyaAllah, komunikasi selalu terjaga...amin...makasih ya tante Tyka:)

      Delete
  2. Alhamdulillah bisa komen juga, dikira terhalang ikan mau komen.Setelah di F5 (refresh) muncul dahh.
    Hi mamiku..hai mimoyy...Miss U Tanot;), senengnya bisa liat anakku n istriku heppy maen di tk (meski yang satu manyun), tapi Insya Allah di bandung qt maen ke TK bertiga ya de I Promise That (mudah2an anak2 TK nya belum pada libur yah) n qt liat laut juga y bertiga heppy family;)
    When I pray, I always ask to Allah to give my lady and my baby stregth with this trial, Hopely we unite soon ;).Event I only get a moment in a month, i hope that I can make the precious time for u and mimoy.
    Dear My Lovely Wife.., I just wanna say Thank U for being passion;). Saranghae ^-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terhalang ikan gimana maksudnya bi?
      We also miss you so, Abi sayang...jangan manyun atuh. Iya, nanti kita jalan-jalan bersama ya:)

      The time we spend together is precious. You, your love makes us always miss being in your side^^

      Abiiiiii.....I looovvveee you much:*

      Delete
  3. Walo cuma dua jam, tapi berharga banget untuk Hanuun yaaa...memang suasana sekolah itu menyenangkan untuk anak2, apalagi kalo anak2 udah siap untuk sekolah...

    Keep growing ya Hanuun!

    ReplyDelete
  4. wah senangnya dek hanuun main ke sekolah..
    kinan rencananya mau saya ajak trial minggu depan mbak, udah 3 tahun pingin masukin ke paud, semoga lancar dan nggak ada halangan..ekspetasi saya bukan masalah dapat kurikulumnya atau kemampuan baca tulis atau apa..tapi lebih ke sosialisasinya ekspetasinya..:)
    senangnya yah jalan jalan ke TK sama ami :)
    kiss buat dek hanuun yah ami..:)

    ReplyDelete
  5. seru banget dek mainnya... udah mau sekolah ya... :)

    salam kenal ya mi, ijin tukeran link boleh? :)

    ReplyDelete
  6. tes..tes..., setelah komen berkali2 siapa tau yang ini masuk :D

    ReplyDelete
  7. wahhh, akhirnya bisa komen lagi. nah skr baru momen beneran ya.

    Hanuun sudah besar ya.. pinter lagi, gemesin juga.., jadi ceritanya si cantik ini udah pengen sekolah ya?? tapi kamu masih terlalu muda sayang kalo sekolah TK hehehehe

    ReplyDelete

Thanks for reading and lemme know what your thoughts toward:)